Rabu, 09 Juli 2008

Final Release dari Gentoo Linux 2008



Setelah proses pengembangan yang cukup lama akhirnya Gentoo Linux 2008 siap untuk dirilis kepada kalangan luas pecinta Linux dan pihak pengembang berusaha memberikan sesuatu yang menarik kepada pengguna Gentoo. Donnie Berkholz melalui official website Gentoo mengatakan, “peluncuran Gentoo Linux 2008 ini diharapkan memberi sesuatu yang berbeda dan menarik”.

Gentoo installer telah diperbaharui dan paket ini hanya dapat berjalan pada networkless installation yang menggunakan ebuild tree dan paket tersebut terdapat pada LiveCD. Untuk saat ini, paket installer belum diciptakan untuk versi LiveDVD namun untuk pengembangan dimasa depan hal itu bisa saja direalisasikan. Adapun hal penting yang menjadi ciri peluncuran dari Gentoo 2008.0 adalah migrasi dari Linux kernel 2.6.24 yang mana membawa beragam jenis paket driver terbaru dan hal ini memungkinkan untuk menambahk dukungan terhadap hardware terbaru saat ini.

Portage, jantung utama dari Gentoo, dimana distribusi system utama tersebut telah diperbaharui ke versi 2.1.4.4 dan hal tersebut membawa beberapa hal yang baru kedalam system Gentoo Linux 2008 antara lain seperti gcc 4.1.2 dan glibc 2.6.1

Terdapat pula rekonstruksi dari system Gentoo dimana mengijinkan penggunanya untuk membersihkan redudansi dan pengembangan cleaner serta kemudahan dalam melakukan maintain system. Perbedaan terhadap penggunaan regular yaitu pengaksesan profile yang saat ini telah terdapat pada /usr/portage/profiles/ under default/linux ataupun untuk versi Gentoo sebelumnya terdapat pada default-linux/ folder.

Xfce menggantikan GNOME pada LiveCD dimana bertujuan untuk menghemat space ruang dalam CD, karena kita ketahui bahwa Xfce memiliki kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan GNOME. Jika pengguna ingin menginstal Gentoo pada system computer mereka melalui LiveCD, penggunanya akan mendapatkan Xfce sebagai standar desktop, namun GNOME dan KDE dapat dikembangkan pula dari source code Xfce untuk versi terbarunya yaitu versi 4.4.2 yang terdapat pula pada LiveCD Gentoo 2008.

Pihak tim pengembang sementara menunda untuk merilis Gentoo LiveCD untuk x86 dan x86_64, hal ini dikarenakan terdapat beberapa masalah untuk generasi tersebut. Namun kita tidak perlu khawatir, untuk versi x86 dan x86_64 akan diluncurkan dikemudian hari dan kemungkinan akan terdapat pada versi terbaru LiveDVD.



Penulis : Willmen TB. Panjaitan
FTI - Universitas Atmajaya