Rabu, 09 Juli 2008

Google Release Open Source Data Exchange Language

Google telah meluncurkan sebuah protocol buffer atau protocol yang digunakan di Data Exchange Language menjadi open source agar dapat mengkodekan berbagai tipe data untuk mengeset adanya produk yang akan dirilis. Secara prakteknya, Menurut Google, user yang menggunakan Google pastilah menggunakan yang namanya protocol buffer. Google menambahkan bahwa pihaknya akan merilis proyek yang menggunakan protocol buffer, sebagai open source. Jadi untuk melancarkan penggunaan proyek yang kini sedang ditanganinya, Google akan merilis protocol buffer terlebih dulu.

Kenton Varda, seorang anggota tim software engineering Google, mengungkapkan, Google telah menggunakan ribuan format data yang berbeda untuk merepresentasikan pesan antar server, index record di tempat penyimpanan, dataset geospatial, dan masih banyak lagi. Sebagian besar format data tersebut telah terstruktur dan tidak datar.
Menurut Varda, metode XML (Extensible Markup Language) dinilai tidak cukup efisien untuk keperluan sharing data Google. Ketika semua computer dan link jaringan berjalan di kapasitasnya, XML akan menjadi sangat mahal penggunaannya. Dengan protocol buffer, user dapat mendefinisikan bagaimana menentukan struktur data, lalu menggunakan source code yang khusus untk menulis dan membaca data yang telah terstruktur dengan mudah, ked an dari berbagai aliran data dan bahasa kode program. User juga dapat mengupdate struktur data tanpa membuat program bertabrakan dengan format data yang lama.

Berdasarkan penelitian Google, protocol buffer berjalan sekitar 3 hingga 10 kali lebih kecil dan 20 hingga 100 kali lebih cepat dibandingkan XML. Namun, XML memiliki beberapa keuntungan untuk task tertentu. Protocol buffer tidak akan menjadi dokumen text-based yang lebih baik tanpa menggunakan markup, sebagai contoh HTML (Hyper Text Markup Language). XML adalah markup-language yang mudah dipahami dan diedit manusia, sedangkan protocol buffer sepertinya tidak. Google telah mempersiapkan downloader yang mengandung protocol buffer compiler untuk bahasa pemrograman Java, C++ dan Phyton.