Rabu, 09 Juli 2008

LinuX-Gamers, Distro Linux Untuk Penggemar Game



LinuX-Gamers (live DVD) adalah sebuah distro Linux khusus games yang berasal dari Jerman dan merupakan turunan dari Arch Linux. LinuX-Gamers Versi 0.9.3 telah di liris bulan Juni lalu dan memberikan contoh yang luar biasa untuk Linux games.

Distro ini tidak menyediakan Web browsers, office ataupun paket manager, karena distro ini hanya untuk bermain bukan bekerja. Ketika Anda mem-burning image yang anda download menjadi sebuah DVD, Anda akan memiliki sebuah games arcade portable yang berjalan di setiap PC sistem x86 yang memerlukan RAM 512 MB atau lebih. Driver VGA untuk Nvidia dan ATI tersedia untuk distro ini, jadi kita bisa memilih tipe VGA kita dengan menjawab beberapa run dialog saat proses boot.

Untuk para penggemar game fantasy strategi terdapat game Battel for Wesnoth, Glest, dan Savage yang akan menghibur. Bila Anda penggemar game shooter Anda dapat mencoba Openarena yang akan mengingatkan Anda akan gameplay dari Quake III, selain itu juga ada World of Padman yang menggunakan style dunia kartun. Game lain yang terdapat di distro ini adalah Boswars, Nexuiz, Bzflag, Sauerbraten, Treeworlds, Thunder & Lighting, Tremulos, Vegastrike, Warsow dan Warzone 2100. Semua game di distro ini merupakan koleksi game-game terbaik dari open-source.

LinuX-Gamer merupakan distro Linux yang sempurna untuk Anda yang ingin mencoba game di Linux tanpa harus menginstall Linux di computer. Untuk mendapatkan distro ini silahkan kunjungi http://live.linux-gamers.net/.


Penulis : Jonh Fredrik Ulysses
FTI - Universitas Atmajaya