Jumat, 19 September 2008

Western Digital scorpio HD dengan 500GB


Western Digital (WD), Jumat lalu mengatakan akan memulai pembuatan harddisk notebook 500GB, yang akan diikuti dalam beberapa bulan berikutnya, Samsung Elecronic yang meluncurkan harddisk separuh tera byte untuk PC mobile. Harddisk kapasitas 500GB tersebut diberi nama WD Scorpio Blue, yang memiliki layar 2.5 inch, atau kurang dari 4/10ths dari ukuran tingginya, dan dilengkapi dengan dua harddisk yang masing-masing berkapasitas 250GB. WD juga telah menyiapkan 400GB Scorpio Blue.

Kedua harddisk berkapasitas 500GB dan 400GB tersebut memiliki kecepatan transfer data 3GB per detik dan mampu mengoperasikan 5.400 revolusi per menit. Dalam harddisk berkapasitas besar tersebut, baik WD dan Samsung telah memiliki target untuk menciptakan notebook entertainment yang dapat menampilkan dan mengedit video serta gambar, dan juga bermain musik.

“Harddisk WD Scorpio Blue 400 GB dan 500 GB menyediakan kapasitas yang dibutuhkan untuk memaksimalkan fitur terbaru dan fungsinya dalam computer notebook.”, kata Jim Morris, VP dan general manager dari notebook di WD. WD Scorpio Blue memiliki teknologi yang dapat digunakan untuk memproteksi dan menggunakan power dengan efisien. WD juga mengembangkan sebuah teknologi yang bernama IntelliSeek, yang digunakan untuk menghitung kecepatan optimal pencarian data dan konsumsi energi, noise dan vibrasi. Harddisk model Scorpio Blue 500GB diberi label harga USD 220, dan model 400GB seharga USD 1990, dan keduanya memiliki garansi tiga tahun.

Sementara Samsung telah menyiapkan harddisk separuh tera byte, Spinpoint M6, yang memiliki bentuk hampir sama dengan Scorpio Blue, dan diberi harga USD 299. Spinpoint M6 juga memiliki kecepatan revolusi 5.400 per menit dan transfer rate 3GBps. Baik Spinpoint M6 dan Scorpio Blue memiliki interface SATA