Rabu, 10 September 2008

Xeon 500 Series...senjata baru Intel



Intel akan meluncurkan processor server yang mengkonsumsi power hanya 12.5 watt per core. Baik Intel maupun AMD sama-sama saling berkompetisi untuk menciptakan processor yang mengkonsumsi power sesedikit mungkin untuk menambah performance processor. Edisi terbaru dari Xeon 5000 Series, termasuk seri processor L5430 dan X5270, merupakan processor tercepat dengan kecepatan clock 3.5Ghz, menurut Intel.

“Banyaknya efisiensi processor baru ini datang dari proses manufaktur 45 nm dan kemampuan transistornya yang menggunakan formula metal high-k Hafnium.”, kata Intel. Transistor dengan metal high-k dapat mengontrol kebocoran daripada mengguakan dioksida silicon, yang digunakan Intel di masa lalu.

Bagaimanapun, tidak semua processor mampu menghemat energi. Untuk itu, Intel akan merilis versi processor dengan performa tinggi dan dengan konsumsi power yang tinggi seperti tipe X5492, yang menghabiskan 150 watt. Intel akan menggunakannya dalam beberapa sistem seperti di Asus, Dell, Fujitsu, Fujitsu-Siemens, Gigabyte, HP, IBM, Microstar, NEC, Quanta, Rackable Systems, Sun Microsystems, Supermicro, Tyan, dan Verari Systems. Intel menambahkan, processor dengan konsumsi power yang tinggi ini juga akan digunakan untuk organisasi yang menggunakan workstation, blade, dan server mainstream. Sementra untuk harga, processor quad-core Xeon L5430 (2.66GHz) diberi label harga USD 562, dan quad-core Xeon X5492 (3.4GHz) dengan harga USD 1.493.